Learning / Umum

Tips Cermat Memilih Jurusan di Bangku Kuliah

https://pustaka25.files.wordpress.com/2014/02/ade7f-pilihan-jalan.jpg

Saat duduk di bangku kelas 3 SMA, smester 2… pasti serba pusing saja….
entah karena tugas yang banyak, atau guru memerintahkan belajar ekstrim untuk menghadapi Ujian Nasional (yang pnting bukan ekstrim makan beling.. haha πŸ™‚ )
Jam les sore yang padat, malam hari jaga mata buat ngelihat buku….
berlatih isi LJK….. Hhmmm
…mak..nyoSS….:)

ada juga yang sebel gara” diputusin ma pacar, alasannya si pacar mau fokus ujian dulu…. wkwkwk… 😦
belum lagi gurunya gak enak waktu ngajar, huhhhfftt….

oke…
di saat yang sama, pasti anda juga bingung mau pilih jurusan apa nanti kalau kuliah… (setuju=angkat jempol….) haha πŸ™‚

apalagi si teman pada heboh dengan jurusan favoritnya…
haha…
trus teman atau orang sekampung nanya gini..”Kamu milih jurusan apa nanti..??”
dan di saat anda bingung maka anda akan menjawab asal asalan….
Dengan pede “Ya tentunya jurusan ini/itu donkkk….!!”

Trus direspon ketawa ma orang lain… Haha… Sial bener…
Apalagi ditambahin pertanyaan
“Lah jurusan yang kamu pilih itu nanti mau kerja jadi apa???”
haduuuhhhh……
Apalagi si temen bikin jengkel kalau pas nanya….
Haha…. Langsung aja siapin ring tinju…..:)
πŸ™‚

Jadi, apa saja sih yang perlu di perhatikan dalam milih jurusan di kuliah nanti…

1. Apa kamu punya bakat tertentu atau hobbi??
Biasanya inilah yang mendasari pilihan jurusan seseorang. Misal, anda hebat di Matematika, yah secara tidak langsung pasti mengarah ke jurusan yang berkaitan tentang hitung menghitung… Yang suka nyanyi ya milihnya jurusan yang mengacu olah vokal….
Hehe
Yang suka tawuran, langsung aja gabung di jurusan kungfu milik ‘jackie chan’…:) haha

Ya, pilihan seperti ini bertujuan buat orang yang mau lebih fokus ke bidangnya. Anda tertarik?? Pikir” dulu apa yang anda kuasai selama ini…

2. Apa anda suka sesuatu yang baru??
Selama SMA anda suka pelajaran biologi, atau suka fisika….
Yah… Siapa tau anda tertarik dengan jurusan ‘Teknik Nuklir’
hehe..
(ntar praktik buat bom, trus ngebom lalat di dalam rumah…. Tu kira” lalat-nya yang mati apa rumah-nya yang rontokk ya… Haha πŸ™‚ )

Ehm, Tentunya pilihan seperti ini menarik bagi yang ingin mengembangkan kreatifitasnya…
Tapi ingat! Jangan Salah Pilih!
hehe… πŸ™‚

3. Dilihat dari prospek kerja…
nah yang satu ini mungkin lebih menarik,
“Buat apa kuliah klw gak kerja”, itu sepenggal judul dari sebuah buku yang pernah saya baca…
hehe….
Memilih jurusan berdasarkan prospek kerja bukan berarti harus memilih jurusan yang nantinya setelah kuliah langsung mendapat GAJI TINGGI..
Yah emang sih… Apa salahnya juga milih seperti itu..
Tapi intinya, kalau kita sudah dapat prospek kerja yang bagus, nyaman buat kita, yah walaupun gaji nggak seberapa…
Tapi kalau kita emang punya etos belajar dan etos kerja yang bagus… InsyaAllah ada jalan buat dinaikkan jabatannya…. Amiin.. πŸ™‚

Proses memilih jurusan perlu juga meminta pendapat dari orangtua,
kalau orangtua udah punya jurusan yang disiapkan buat kamu…ya coba minta di jelaskan alasannya…
jangan asal emosi aja nolak sana nolak sini….
(Emang yang bayarin lu kuliah sapa…? Haha….Kan malu juga masa udah gede ribut ma ortu… Hehe)

Kalau punya pilihan yang lebih tepat dari pada yang diberikan orang tua… Bisa dibicarakan baik”, jelaskan alasanmu sedetail mungkin agar tidak jatuh saat ber-argumen….
Banyak sekali jurusan yang disiapkan oleh satu universitas…
anda juga dapat mempertimbangkan dengan lengkap atau tidaknya fasilitas yang ada di universitas yang anda pilih…

Gimana..?? Udah punya bayangan anda mau pilih jurusan apa????
hehe…

Semoga bermanfaat…. Baca juga artikel menarik lainnya….

Apapun Jurusan kuliah anda, minumnya tetaaappp….!!!??? πŸ™‚

Posted by Wordmobi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s